Tipe Perawatan Kawat Seling Galvanis yang Benar

Tipe Perawatan Kawat Seling Galvanis yang Benar

Meskipun kawat seling galvanis dianggap sebagai salah satu media crane yang cukup kuat, para pemakai juga harus pandai dalam segi perawatan. Karena dampaknya bukan hanya terus bisa memaksimalkan kegunaannya saja, tetapi juga bisa memperpanjang usia kawat seling di area industri. Anggaran perusahaan anda tetap akan aman dan tidak sering menganggarkannya dalam waktu dekat.

Selama ini untuk melakukan perawatan kawat seling galvanis memang bisa digunakan dengan memberikan lubrikasi dalam jangka waktu berkala. Selain itu juga bisa melakukan pembersihan dengan cara disikat agar pasir, kerikil dan kotoran yang terlanjur menempel bisa dihilangkan. Lalu bagaimana proses pembersihan yang benar untuk membuat kawat seling tetap tahan lama, berikut ini proses yang bisa anda aplikasikan.

Tahapan Perawatan Kawat Seling Galvanis

Jika dilihat dari cara yang tepat untuk membersihkan kawat seling memang sudah dikuasai oleh pekerja pada bagian perawatan. Namun bagi Anda yang belum memahaminya proses lubrikasi tersebut dibagi menjadi tiga tahapan diantaranya:

  • Diteteskan

Untuk perawatan kawat seling bisa melakukan teknik meneteskan cairan lubrikasi secara menyeluruh. Meskipun langkah ini dinilai lebih membutuhkan waktu yang lama, tetapi menetaskan lubrikasi secara merata memang jauh lebih memberikan jaminan jika semua bagian kawat seling dapat dijangkau. Penetesan bisa dilakukan secara berkala tergantung seberapa banyak kawat yang terdapat pada gulungan.

  • Memakai kuas

Kemudian cara lubrikasi selanjutnya yaitu mengaplikasikannya memakai kuas. Terlebih dahulu harus mengeluarkan kawat seling dari gulungan dan memberikan lubrikasi dengan kuas secara merata. Meskipun terkesan harus repot mengeluarkan semua gulungan kawat seling, tetapi cara ini juga sangat bagus untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Penguasan lubrikasi atau pelumas dapat dilakukan berulang jika memang kawat ingin awet meski masih berada di gulungan.

  • Disemprotkan

Cara yang terakhir memberikan lubrikasi yaitu dengan cara menyemprotkan. Langkah ini bisa dikatakan agak sedikit boros karena harus membutuhkan cairan lubrikasi lebih banyak. Tetapi Sisi positifnya adalah semua bagian yang disemprotkan akan jauh lebih bersih karena tekanan daya semprot yang langsung mengenai kawat seling.

Yang paling penting adalah bagaimana cara memberikan lubrikasi pada kawat seling. Ketahuilah jika pemberian lubrikasi juga harus memakai sistem menekuk kawat agar cairan bisa masuk sampai ke bagian terdalam kawat seling.

Demikianlah beberapa langkah perawatan kawat seling galvanis yang dapat membantu dan berguna untuk memperpanjang usia kawat seling di perusahaan Anda.